5 Rekomendasi Wisata Kuliner di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Wisata Kuliner Makassar: Dulu dikenal dengan nama Ujung Pandang, kota ini  menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati para pelancong, terutama dari luar pulau Sulawesi. Menawarkan banyak hal untuk dijelajahi, mulai dari wisata sejarah dan budaya hingga gastronomi Makassar. Wisata yang terkenal dengan kelezatannya. Ada banyak alasan. Agar pengalaman wisata kuliner di Makassar semakin menyenangkan, jangan lupa  untuk menyempatkan diri mengunjungi beberapa destinasi wisata kuliner  paling recommended berikut ini, ya!

Coto Nusantara 

Belum pernah ke Makassar kalau belum berwisata gastronomi untuk mencicipi jajanan khas yang  terkenal di seantero nusantara: Coto adalah masakan yang terbuat dari jeroan sapi yang  direbus lama kemudian dicampur dengan daging sapi, lalu diiris dan dilumuri saus kacang. Coto tidak lengkap jika tidak dimakan dengan ketupat. Salah satu warung makan yang paling populer di Makassar  untuk menyantap hidangan Coto Makassar adalah Coto Nusantara.Bahkan, tempat wisata kuliner Makassar  ini sering dikunjungi oleh para seniman yang berkunjung ke Makassar.

Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi

Pencinta iga sapi wajib mengunjungi destinasi wisata kuliner di Makassar yang satu ini, Konro. Iga diproses dengan cara direbus atau dipanggang dan disajikan dalam  kaldu sup. Di tangan keluarga H.Hanaping, iga diolah menjadi menu yang menggoda lidah dan variatif: pilihannya antara lain menu iga bakar dengan  bumbu kacang dan sop konro, yaitu iga yang dimasak dengan kuah dengan bumbu yang dimandikan terpilih.Untuk menjaga cita rasanya, iga dimasak terpisah dengan bahan lain seperti lengkuas, daun salam, bawang merah, bawang putih, kacang tanah. sejak tahun 1968. Bahkan di Jakarta ada, lho.

Pallubasa Onta

Jangan salah paham ya, meskipun restoran  ini bernama Pallubasa Onta di Makassar, menu utama di sini bukanlah daging unta, melainkan Pallubasa, daging sapi khas Makassar dengan rasa yang  kuat berkat saus dan telur ayam gratisnya. untuk melengkapinya. Nama unta berasal dari nama jalan yang terkenal di Makassar yang merupakan tempat wisata kuliner di Makassar yang berada. Rasa asin dari pallubasa ada pada dagingnya yang sebelumnya telah diolah dengan bumbu kemudian disiram dengan saus. 

Warung Pangkep Sop Saudara

Meski berasal dari Pangkep yang berjarak 60 km dari pusat kota Makassar, Sop Saudara  mudah ditemukan di pinggir jalan di Makassar. Sop Saudara biasanya disajikan dengan Ikan bolu bakar, dan ini sudah menjadi kombinasi yang tak terpisahkan. Salah satu destinasi wisata kuliner di Makassar yang menawarkan menu sop Bro adalah Warung Pangkep Sop Saudara. Nama pangkep sengaja dipertahankan untuk menjaga identitas asli makanan ini. Stand makanan di  Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo selalu ramai pengunjung.Buktinya sering terjadi antrian karena tempat duduk yang sudah penuh.Selain soto, Kalian juga bisa mencicipi wisata kuliner  Makassar yang tak kalah lidah diantaranya konro, kikil, lung dan lidah. Tenang saja, warung Restoran ini buka 24/7 lho? 

Pallu Kaloa Warung H. Wasid

Makassar sepertinya tidak pernah kehabisan destinasi wisata kuliner khas yang ada soto atau kuahnya, termasuk clam chowder. Pallu kaloa sendiri merupakan masakan sop ikan yang diolah dengan bumbu khas yang disebut kaloa. Kaloa adalah bumbu berupa butiran dengan tekstur keras tapi kecil seperti bawang. Biji Kaloa Berwarna Bagian hitamnya adalah bagian yang digunakan untuk membuat masakan ini. Bijinya tidak dihancurkan sama sekali untuk mempertahankan rasa asam yang khas.Karena bentuknya yang menyerupai rawon seperti  Jawa Timur,  pallu kaloa sering disebut sebagai ikan mentah oleh para pendatang. Tahun 1970-an Jenis Ikan yang Digunakan Sebagai bahan dasar jajanan ini, jangan abaikan lho, pasti kerapu, lamuru, katamba, kanake atau tuna, yang tinggal dicabut saja dari kepala.

Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata kuliner di Makassar yang wajib Anda kunjungi selama liburan di kota Ujung Pandang.Destinasi wisata kuliner di Makassar mana yang berhasil menggugah selera Anda?