Rekomendasi 3 Makanan Khas Jogja Yang Harus Kamu Coba

Jogja memang menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat ramai di kunjungi oleh orang – orang. Selain punya beberapa tempat yang menarik untuk di datangi, beberapa makanan khas di Jogja juga sangat sayang kalau kita lewatkan.

Salah satu makanan yang cukup terkenal di Jogja adalah Gudeg. Makanan yang satu ini mempunyai rasa yang gurih dan juga manis dan sangat menggoyang lidah. Selain itu, masih banyak lagi berbagai makanan khas Jogja lainnya yang tak kalah enak. Lalu, makanan apa saja sih yang di maksud? Yuk simak di bawah ini.

1.Gudeg

Mendengar kata gudeg pasti akan langsung membuat kalian ingat dengan kota Yogyakarta. Menu yang sangat khas dari Jogja satu ini terbuat dari nangka muda yang di masak memakai santan dengan waktu yang lumayan lama.

Rasanya lebih ke manis sehingga membuat gudeg jadi banyak di minati orang – orang. Makanan khas Yogyakarta yang wajib kalian cobain ini juga biasanya di santap bersama dengan nasi serta di sajikan dengan kuah santan kental atau areh, telur, tahu, ayam kampong, hingga sambal goreng krecek.

Walaupun makanan khas satu ini datang dari Yogyakarta, tetapi beberapa kota yang ada di Jawa Tengah serta beberapa wilayah Indonesia yang lain juga sudah banyak memproduksi Gudeg loh. Contohnya seperti kota Solo.

Tetapi, gudeg Solo sedikit berbeda dengan gudeg yang berasal dari Jogja. Untuk gudeg Jogja biasanya sajiannya cenderung kering serta lebih tahan lama kalau di bandingkan dengan gudeg yang berasal dari Solo atau daerah lainnya.

2.Tengkleng Gajah

Ini bukanlah sajian tengkleng dengan daging gajah kok, melainkan makanan berjenis sup dan gulai yang isinya jeroan, daging, dan juga tulang kambing. Nama tengkleng gajah sendiri merujuk kepada porsi atau ukuran penyajiannya yang sangat besar jadi di sebut dengan porsi gajah.

Makanan khas Jogja yang satu ini adalah sebuah olahan tulang daging kambing yang ukurannya sangat besar sehingga di panggil sebagai tengkleng gajah. Tulang kambing yang di sajikan di tengkleng juga masih menempel beberapa daging dan juga ada sumsum yang tersembunyi di dalam tulangnya.

3.Sate Klatak

Banyak yang mengira kalau sate klatak itu adalah sate dengan daging katak. Karena namanya memang terdengar seperti katak. Padahal, sate yang satu ini di buat dari daging kambing yang di bumbui oleh beberapa rempah.

Setelahnya di tusuk memakai jeruji besi, bukan tusuk sate biasa yang di buat dari bamboo. Sate klatak sendiri di anggap sebagai sebuah makanan khas Jogja yang sangat unik. Karena, di masak memakai jari – jari roda sepeda untuk tusukannya.

Tetapi mereka gak sembarangan pakai jeruji besi karena mereka memilih besi yang bisa menghantarkan panas dengan baik. Jadi, di saat proses pembakaran sate. Bagian dalam dari daging juga bisa matang dengan sempurna.

Keunikkan lainnya dari sate klatak adalah dari bumbu yang di pakai. Kalau sate daging biasanya di bumbui dengan berbagai jenis rempah, sate klatak Cuma di berikan sedikit ketumbar dan garam. Sate klatak sendiri biasanya di sajikan bareng kuah gulai atau kecap, nasi, dan cabai rawit yang di potong.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Jogja yang wajib kalian coba cicipi saat sedang berkunjung ke sana. Semoga dapat bermanfaat.